Hallloooo

SELAMAT DATANGGG!!!
DAN SELAMAT MEMBACA!!!!

Senin, 21 Maret 2011

JUJUR = HANCUUURR????

Ini artikel buat kamu - kamu yang saat ini merasa sendiri karena masalah yang hadir karena berusaha jujur, buat kamu yang ingin beruibah menjadi orang jujur, dan buat kamu yang bimbang dengan kejujuran.


Hem... Bicara masalah kejujuran, zaman sekarang kesannya seperti naif. Padahal, modal awal dipercaya orang lain adalah kejujuran orang itu sendiri. Berarti... dapat disimpulkan bahwa kejujuran adalah hal yang mahal dan langka.

Ilustrasi :
Tono, seorang pengangguran yang sedang mengelilingi kota dengan motor bututnya mencari pekerjaan. Sampainya disalah satu perusahaan, dia oleng dan motornya menabrak bagian samping mobil.  Alhasil, lampu mobil mewah itu pecah.
Tono adalah orang yang memiliki karakter jujur. Ditengah kebingungannya (sudah gak punya uang, gak punya pekerjaan, nabrak, rusak lagi), dia ingin kabur tapi hatinya berkata "JANGAN". Maka ia memutuskan untuk mencari pemilik mobil mewah tersebut yang ternyata adalah direktur utama perusahaan tersebut. Tono takut diminta ganti rugi, maka dengan rendah hati dia menceritakan semuanya.
Apa yang terjadi?? Direktur itu malah memberinya pekerjaan sebagai supervisor perusahaan tersebut, karena melihat kejujuran dan ketulusan hati yang dimiliki oleh Tono.

Pelajaran yang kita dapat dari cerita tersebut, bahwa jujur bukan berarti semua perkara dalam hidup menjadi berantakan. Justru, dengan karakter yang tulus inilah orang lain melihat sisi berbeda dari hidup kita.

Tapi masalahnya sekarang, gak semua orang jujur bernasib mujur... Ini pasti yang kalian pikirkan. Memang, untuk menjadi jujur itu sangat sulit, belum lagi kalau gak jujur gak bisa bersaing dengan yang lain yang menggunakan segala cara untuk menang. Tapi, orang jujur itu lebih banyak manfaatnya...
  1. Dia terlatih dalam menghadapi masalah. Masalah yang dianggap orang lain sebagai masalah yang besar, bagi kita - kita yang jujur, ini adalah persoalan kecil (karena sudah sering menghadapi persoalan itu, yang itu - itu lagi...)
  2. Hal besar akan dipercayakan kepada kita. Dalam hidup ini, kepercayaan dari orang lain adalah hal yang penting. Ini hal yang paling dibutuhkan dalam bersosialisasi dengan masyarakat.
  3. Banyak orang yang meminta bantuan padmu, yang berarti kamu adalah orang penting dalam hidup mereka.
  4. Saat kamu jujur, kamu akan merasa senang yang luar biasa yang gak bisa diungkapkan.
  5. Masih banyak lagi... andai kalian mau mengeksplor lebih dalam manfaat dari bersikap jujur.

Nah.... sekarang bagaimana caranya bertindak jujur??
  1. Kamu harus punya prinsip untuk tetap jujur dalam segala hal dihidupmu. Ingat, orang yang sukses bukanlah orang yang kaya, tapi orang yang punya prinsip dihidupnya. Prinsip ini yang akan selalu menguatkan kamu dalam menghadapi persoalan.
  2. Inget... jujur itu mahal.. susah mencari orang - orang jujur, maka kalau kamu jadi salah satunya dari antara orang - orang jujur, kamu berarti berharga banget..
  3. Mulai melakukan kejujuran dari hal - hal yang kecil, maka kamu akan dipercaya akan hal - hal yang besar.

Intinya, berbuat jujur itu dimulai dari dirimu sendiri, bukan orang lain yang ngatur... Jadi pikirkanlah!!
Selamat mencoba dan menjadi lebih baik!!

2 komentar:

  1. iya sera....bagus ser artikelnya jadi bikin sadar ? buat sendiri ?

    BalasHapus
  2. makasih... kamu orang pertama yang bilang artikelku bagus.. heheheh
    iya itu bikin sendiri.... berdasarkan pengalaman aja!!

    BalasHapus